Minggu, 11 Januari 2015

Review Buku






Judul buku       : Pendidikan karakter (kajian teori dan praktik sekolah)
Penulis             : Drs. Dharma Kesuma, M.Pd, CePI Triatna, S.Pd., M.Pd, Dr. H. Johar Permana, MA
Penerbit           : PT Remaja Rosdakarya Tahun 2011
Tebal hal          : 160 halaman

Buku “Pendidikan Karakter” menuliskan tentang kajian mengenai teori dan praktik pendidikan berkarakter di Indonesia agar menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Dengan disusunnya buku ini, secara tidak langsung penulis mengajak berbagai pihak untuk memahami dan menerapkan metode atau model pembelajaran pendidikan berkarakter untuk menunjang perkembangan pendidikan untuk membangun generasi masa depan yang berkarakter mulia.
Dalam buku “Pendidikan Karakter” ini membahas tentang mengenai pentingnya pendidikan karakter bagi bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia merupakan bangsa dengan berbagai budaya, suku, adat istiadat serta bahasa daerah yang berbeda-beda sehingga memiliki karakter yang berbeda pada setiap daerah  dan berbeda dengan bangsa yang lainnya. Oleh karena itu, pendidikan karakter sangatlah penting untuk ditanamkan pada jiwa bangsa Indonesia untuk membangun bangsa ini menjadi bangsa yang mempunyai karakter yang baik.
Penulis juga mendefinisikan pendidikan karakter dalam lingkup sekolah yaitu dengan pembelajaran yang mengarah pada penguatan dan pengembangan perilaku anak secara utuh yang didasarkan pada suatu nilai tertentu yang dirujuk oleh sekolah. Tujuan pendidikan karakter dalam lingkup sekolah yaitu menguatkan dan mengembangkan nilai-nilai kehidupan yang dianggap penting dan perlu diantaranya jujur, kerja keras, tegar, sabar, disiplin dan lain-lain sehingga menjadikan kepribadian peserta didik yang khas sebagaimana nailai-nilai yang dikembangkan. Dalam hal ini pengalaman belajar anak dalam lingkup pendidikan karakter dilakukan dalam tiga tempat yaitu kelas, sekolah, dan rumah.

Terdapat dua bentuk model atau metode pembelajaran dalam menanamkan pendidikan berkarakter kepada anak yaitu pembelajaran substansi dan pembelajaran reflektif. Pembelajaran substansi adalah pembelajaran yang substansi materinya terkait langsung dengan suatu nilai. Proses pembelajaran ini dilakukan dengan cara mengkaji suatu nilai yang dibahas, mengkaitkannya dengan kehidupan anak dan kehidupan manusia, baik didunia dan diakhirat. Sedangkan pembelajaran reflektif yaitu pendidikan karakter yang terintegrasi pada semua mata pelajaran disemua jenjang dan jenis pendidikan. Proses pembelajaran ini dilakukan dengan cara mengkaitkan materi yang dibahas dalam pembelajaran dengan makna yng melatar belakangi materi tersebut.
Dalam buku ini terdapat beberapa kelebihan yaitu meluruskan masalah atau asumsi yang salah yang ada pada umumnya tentang pendidikan karakter sehingga udah dipahami. Deskripsi materi yang dibuat secara terperinci sehingga mudah untuk dipahami oleh semua pihak. Terdapat bagan/skema serta table untuk mengklarifikasikan materi tertentu, hubungan antar paragraph saling berkaitan.
Namun disamping itu buku ini juga mempunyai kelemahan diantaranya terdapat istilah baru yang sulit dimengerti serta tidak terdapat penjelasannya. Tidak terdapat daftar kata-kata sulit beserta penjelasannya. Sistematika penulisan sebuah paragraf ada yang tidak benar serta terdapat tanda baca yang tidak pada tempatnya atau yang seharusnya ada tetapi justru malah tidak ada.
Meskipun buku pendidikan karakter ini memiliki kelemahan namun juga masih mempunyi kelebihan yang membuat buku ini banyak diminati. Oleh karena itu, mari kita membaca serta memahami isi yang terdapat dalam buku ini untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan.
                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar